Tingkatkan Pendataan Berbasis Data, Kades Lagego Luwu Timur Serahkan HP kepada KPM

Tingkatkan Pendataan Berbasis Data, Kades Lagego Luwu Timur Serahkan HP kepada KPM

LUWU TIMUR, - Pemerintah Desa Lagego, Akbar Huzair menyerahkan handphone (HP) kepada kader Pembangunan Manusia (KPM) dalam rangka peningkatan pendataan berbasis aplikasi (EHDW & EHDC) di Kntor Desa Lagego, Kecamatan Burau, Luwu Timur, Senini (27/09/2020).

Kegiatan ini di hadiri oleh Kades Lagego, Akbar Huzair beserta jajarannya, Kader Pembangunan Desa, Tenaga Ahli (T.A) serta Pendamping desa (PD).

"Penyerahan kepada kader pembangunan manusia yang dapat di gunakan untuk memperoleh data real time dan informasi secara akurat untuk membantu desa memfasilitasi pencegahan stunting, " ujar Kades Akbar Huzair.

Hal ini juga sehubungan dengan di terapkannya aplikasi e-HDW ini, pemerintah desa telah menganggarkan telepon seluler Android 5 guna untuk pelaporan data.

"Dengan adanya aplikasi mobile ini desa dapat lebih efektif mengadvokasi pemerintah desa, ” ucap Akbar Huzair.

Ia menjelaskan tujuan penyerahan HP ini, juga untuk menggunakan aplikasi eHDW dan Indeks Desa Membangun (IDM) akan terintegrasi dengan sistem informasi EPPGBM ( Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat).

“Akan menjadi dasar dalam penetapan lokal desa prioritas (Desa Merah Stunting ) dan rekomendasi intervensi lintas sektor, ” jelasnya.

Lebih lanjut Camat menambahkan, cakupan menu aplikasi eHDW meliputi data data fasilitas desa. Contohnya polindes, PAUD, posyandu, air bersih dan sanitasi serta penerima manfaat.

Diketahui secara khusus aplikasi eHDW bertujuan untuk memfasilitasi data dan tugas manajemen kasus untuk KPM serta mengidentifikasi kesenjangan utama dalam pemberian layanan sehingga KPM dapat lebih efektif mengadvokasi pemerintah desa.(*)