Tingkatkan Pengawasan BPD, DPMD Luwu Timur Gelar Sekolah Desa

Tingkatkan Pengawasan BPD, DPMD Luwu Timur Gelar Sekolah Desa

LUWU TIMUR - Dalam rangka meningkatkan pengawasan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Luwu Timur menggelar “Sekolah Desa” di Landmark Luwu Timur, Senin (16/11/2020).

Kegiatan yang bertemakan “Meningkatkan Keberdayaan Lembaga Desa” tersebut dibuka oleh Sekretaris DPMD, Erwin, yang dihadiri oleh Ketua dan Anggota BPD se-Kecamatan Malili.

Sekretaris DPMD Kabupaten Luwu Timur, Erwin mengatakan, pertemuan ini digelar untuk memberikan pemahaman kepada BPD agar memahami aturan dan melakukan pengawasan karena ada 3 masalah yang perlu disampaikan ialah pertama menjelang Pilkades, kedua terkait seringnya terjadi temuan administrasi di desa dan terakhir terkait pengelolaan Bumdes.

Terkait Pilkades, pihaknya berharap agar BPD ikut berperan aktif mensukseskan Pilkades, karena menurutnya, dari tiga kali perhelatan Pilkades, isu yang paling banyak dan mengkhawatirkan ialah ijazah palsu. “Jadi kita mengundang BPD sebagai pengawas desa untuk mengontrol ini agar kedepan tidak ada lagi kejadian seperti kemarin, kan tidak enak kalau sudah dilantik baru digugat, ” ujarnya.

“Untuk temuan-temuan administrasi yang sering terjadi di Pemerintahan desa, saya berharap BPD untuk selalu mengevaluasi dan mengawasi kinerja perangkat desa, mengingat BPD sudah diberi anggaran untuk membina desa. Namun sebenarnya, inti dari penyebab terjadinya temuan-temuan terebut bisa bermacam-macam, seperti karena perilaku, karena faktor ketidaktahuan, dan karena moral, ” ungkap Erwin.

“Dan yang terakhir terkait Bumdes, dimana hampir semua desa sudah memiliki Bumdes, hampir semua desa juga memberikan modal untuk Bumdes, tapi kurang lebih sekitar 30% Bumdes tersebut yang masih aktif, melihat kondisi ini harusnya BPD tidak boleh membiarkan keadaan itu, harusnya BPD memanggil Pemerintah desa dan mempertanyakan penyebab Bumdes tersebut terhenti, itulah tugas dari BPD, ” tandasnya.

Sementara Kabid Kelembagaan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat DPMD Lutim, Basondeng Abbas yang memprakarsai kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa, maksud dan tujuan pihaknya menggelar sekolah desa ialah bagaimana meningkatkan kapasitas dari Lembaga Kemasyarakatan desa dalam hal ini BPD yang ada di Kecamatan Malili yang nantinya akan jadi percontohan untuk BPD yang ada di kecamatan lain.

Sambung Baso, untuk jangka menengahnya, pihaknya mengupayakan semua desa di kecamatan agar menganggarkan APBDes-nya untuk melaksanakan sekolah desa tersebut kepada masing-masing desanya, melihat masih banyaknya persoalan-persoalan terkait pemilihan kepala desa, temuan-temuan dalam pelaksanaan penyelengaraan Pemerintahan desa dan bagaimana memaksimalkan pengelolaan Bumdes.

“jadi inti dari pertemuan yang kita gelar ini ialah kami sangat berharap kepedulian dari BPD agar lebih meningkatkan pengawasannya terhadap penyelenggaraan Pemerintahan desa di desanya masing-masing, ” harap Baso. (Kominfo/JIS)

Lutim Sulsel
Suhardi

Suhardi

Previous Article

Miliki Sabu, Warga Desa Lakawali Pantai...

Next Article

Luwu Timur Tercepat Penetapan NIP CPNS dari...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 166

Postingan Tahun ini: 605

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 71

Postingan Tahun ini: 1024

Registered: Sep 22, 2020

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 57

Postingan Tahun ini: 201

Registered: Jan 24, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 55

Postingan Tahun ini: 544

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Azhar Harahap

Akhirnya Terjawab Sudah, MK Terima Gugatan  Dan Mengadili Perkara PSU Pilkada 2020
Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
Pelaku Pembakar Rumah Di Desa Gancang Dijerat Pasal 178 KUHP Ancaman Penjara 12 Tahun
Aneh, Oknum Bendahara DPRD Jeneponto Bawa Kabur Uang Negara Rp500 Juta, Sekwan: Itu Alami Tak Perlu Dipersoalkan
banner

Follow Us

Recommended Posts

Hari Lebaran, Babinsa Koramil 14 Mangkutana Terus Siaga di Pos Tambangan Perbatasan Sulsel-Sulteng
Melayat Warganya, Bupati Luwu Timur Ingatkan Jaga Kebersamaan 
H -1 Jelang Lebaran, TNI-Polri Perketat di Pos Pengamanan Terpadu Batas Sulsel-Sulteng
Kejagung RI Limpahkan Laporan Hasil Penyelidikan Perkara Dugaan Korupsi Pekerjaan Penerapan Budidaya Jagung TA 2017 Pada Penyidik Kejati NTB
Kepala Divisi Pengawasan Transaksi Bursa Efek Indonesia Diperiksa Penyidik Jampidsus Terkait Dugaan Korupsi Pada PT. ASABRI